outing

Cara Ikut Pameran Outing Kantor dan Dapatkan Leads

Posted 11 days ago4 mins read
Kenali cara ikut pameran outing kantor yang sukses untuk memperluas bisnis,meningkatkan brand awareness dan meraih banyak leads di sini.

Jangan hanya mengandalkan iklan di sosial media saja untuk memasarkan bisnis Anda! Perluas jangkauan dengan cara ikut pameran outing kantor, karena lebih efektif untuk bertemu calon klien langsung dan berbincang-bincang. 

Pameran adalah salah satu peluang emas untuk Anda mendapatkan leads sebanyak-banyaknya dan konsumen potensial. Selama ada event pameran besar yang berpeluang baik, Anda tentu tidak boleh melewatkannya. 

Mengikuti pameran tentu bukan sekedar mendaftar, tapi juga persiapan penting agar strategi branding Anda nantinya lebih efektif. Seperti apa cara dan persiapannya? Yuk, sama-sama simak!

7 Cara Ikut Pameran Outing Kantor yang Sukses 

Banyak hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan diri mengikuti pameran outing kantor. Mulai dari memilih event, mengikuti syarat dan ketentuan, hingga persiapan perlengkapannya.

Nah, agar Anda tidak salah mengikuti event pameran dan sukses meraih banyak leads, beberapa cara berikut bisa jadi panduannya: 

1. Menetapkan Tujuan 

Cara ikut pameran outing kantor yang terpenting adalah menentukan dulu apa tujuan Anda. Tujuan pameran tidak selalu mampu menjual paket outing sebanyak-banyaknya tapi juga leads. 

Jika tujuan Anda adalah leads, maka output dari pameran adalah kontak dari pengunjung yang tertarik. 

Itu sebabnya, selama pameran berlangsung Anda harus menarik perhatian dan mendapatkan kontak mereka. 

Selain leads, Anda juga bisa membangun tujuan brand awareness, khususnya jika bisnis Anda tergolong baru. 

Dengan begitu, pengunjung pameran akan tahu kehadiran bisnis Anda dan bisa jadi calon klien. 

2. Mencari dan Memilih Event 

Sekarang Anda sudah tahu apa tujuan mengikuti pameran, selanjutnya adalah menemukan event apa yang paling tepat. Cara ikut pameran UMKM outing kantor yang tepat harus dengan tema yang sesuai. 

Anda bisa memilih event dengan tema sama, seperti pameran untuk bisnis travel, event organizer, dan sejenisnya. 

Selain itu, cek juga apakah promotor berpengalaman, karena sangat berpengaruh dengan keberhasilan pameran. 

Pilih juga event yang lokasinya strategis agar masyarakat yang tertarik mudah mengaksesnya. Dengan begitu, peluang angka pengunjung yang tinggi pun semakin meningkat!

3. Memahami Syarat dan Ketentuan Ikut Pameran

Setiap event pasti punya aturan yang berbeda, sehingga Anda perlu membiasakan diri untuk membaca syarat dan ketentuannya. 

Dalam syarat dan ketentuan ini biasanya tertera biaya sewa booth, ukuran area yang tersedia, dan produk apa yang boleh ditawarkan. Misalnya, Anda hanya boleh memberikan rekomendasi outing kantor dalam negeri saja atau internasional. 

Bagian yang paling penting harus Anda pahami adalah surat-surat izin yang terkait dengan legalitas bisnis, informasi harga produk, sampai materi promosinya. Jangan sampai Anda melewatkan salah satu syarat dan gagal mengikuti pameran. 

4. Melakukan Promosi sebelum Event 

cara ikut pameran outing kantor

Meskipun nantinya promotor sudah melakukan promosi, Anda juga harus bergerak untuk mempromosikan pameran yang akan diikuti. Langkah ini sangat penting untuk menginformasikan kehadiran bisnis Anda. 

Promosi bisa Anda lakukan melalui akun media sosial bisnis dengan konten menarik, baik dari foto, produk, video persiapan. Jangan lupa, buat ajakan untuk mengunjungi booth Anda dalam pameran nanti. 

5. Menghitung Anggaran Pameran 

Dengan cara mengikuti pameran UKM Anda bisa meraih leads, tapi jangan sampai proses ini menghabiskan biaya besar. 

Ya, dalam mengikuti pameran ada modal yang harus Anda persiapkan dan ini bukan sekedar biaya sewa stand atau booth. 

Ada beberapa rincian biaya yang harus Anda persiapkan, mulai dari sewa ruang kosong, desain booth, utilitas, biaya daftar, materi promosi, hingga logistik. Biaya-biaya ini harus Anda persiapkan demi kelancaran acara. 

Pastikan biaya ini sudah sesuai dengan anggaran pemasaran Anda, karena hal ini juga yang menentukan Anda area spot yang disewa. 

6. Memilih Spot Booth yang Strategis 

Dalam mengikuti event pameran, Anda dapat memilih spot sesuai yang telah disediakan promotor. Sebaiknya, lokasi yang Anda pilih strategis, seperti dekat pintu masuk atau dekat dengan area utama. 

Namun, sesuaikan kembali spot ini dengan anggaran yang Anda miliki agar tidak terlalu mahal. Untuk mendapatkan spot yang terbaik, Anda juga harus sesegera mungkin mendaftar ketika mendapat informasi event. 

7. Merancang Desain Booth dengan Menarik

Booth merupakan toko yang akan Anda hadirkan selama beberapa hari event berlangsung. 

Oleh karena itu, tampilannya harus memukau sehingga pengunjung tertarik untuk masuk dan menggali informasi. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat merancang desain booth adalah pencahayaan wajib terang, memiliki konsep atau tema yang jelas, dan paling penting area interaksi yang nyaman. 

Jika perlu dan memiliki anggaran lebih, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa desain khusus. 

Dengan begitu, Anda bisa membuat booth yang berkarakter dan mampu bersaing dengan kompetitor. 

Strategi Pemasaran selama Pameran Berlangsung

Mengikuti pameran bukan berarti Anda hanya menunggu pengunjung untuk datang dan menyapa. 

Justru sebaliknya, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat, karena selama event Anda akan bersaing dengan kompetitor. 

Berikut ini strategi pemasaran penting yang bisa Anda ikuti:

1. Selalu Proaktif Menyambut Pengunjung Pameran

Layaknya membuka toko, Anda wajib menyapa dan menyambut pengunjung pameran untuk lebih mengenal bisnis Anda. Jangan hanya duduk dan menanti pengunjung untuk masuk, tapi tarik perhatian mereka. 

Dari perhatian ini, Anda bisa menyampaikan ide outing kantor di Jakarta yang menarik, atau paket outing yang sudah disiapkan. 

Jangan lupa, sampaikan juga promo-promo yang Anda miliki khusus untuk pengunjung pameran. 

2. Menciptakan Pengalaman Menarik dalam Booth 

Pengunjung pasti akan bosan hanya mendengarkan penjelasan paket outing kantor yang Anda tawarkan. 

Supaya menarik, Anda bisa menyediakan mini games untuk mendapatkan merchandise dan pengalaman unik lainnya. 

Langkah ini pastinya akan menarik minat pengunjung lain untuk ikut datang dan menyaksikan bisnis Anda. 

3. Mengakses Informasi atau Kontak Pengunjung Booth

Cara ikut pameran outing kantor yang sudah susah payah Anda ikuti harus membuahkan hasil leads yang banyak. Untuk mendukung tujuan ini, Anda bisa menyiapkan QR code ke formulir yang mudah diakses. 

Cara lainnya adalah dengan menawarkan imbalan seperti merchandise atau diskon jika mengisi data diri mereka.  Setiap kontak inilah yang akan menjadi klien potensial Anda di masa mendatang. 

Yuk, Ikuti Event Indonesia Outing Expo untuk Perluas Jangkauan Pasar Anda!

Sudah sampai mana persiapan Anda untuk mengikuti pameran outing kantor? Anda tidak perlu bingung memilih event, karena Anda bisa mengikuti Indonesia Outing Expo yang rencananya akan hadir 14-16 November 2025. 

Berlokasi di JICC Senayan, Hall A, pameran Indonesia Outing Expo ini akan dihadiri oleh 15.000 calon klien dari perusahaan, sekolah, hingga komunitas. Anda akan terhubung langsung dengan klien dan mendapatkan leads lebih luas. 

Cara ikut pameran outing kantor ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir registrasi exhibitor untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

Yuk, daftar Indonesia Outing Expo dan booking space strategis untuk memperluas jangkauan pasar!

outing
Share this post
© 2025 Indonesia Outing Expo. All rights reserved.