Bisnis vendor outing butuh pendekatan yang berbeda dalam mempromosikannya. Pasalnya, vendor outing bukan menjual produk atau jasa instan, tapi pengalaman dan kepercayaan dari klien untuk handle acara besar. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara promosi vendor outing yang tepat sesuai pendekatan tadi.
Promosi vendor outing pun makin menantang, apalagi outing atau gathering sering hanya jadi agenda tahunan yang sifatnya pelengkap saja.
Maka dari itu, vendor punya tuntutan untuk membuktikan jika layanannya tidak fun games atau sesi foto-foto belaka. Namun, harusnya berdampak secara nyata untuk dinamika tim.
Lantas, seperti apa promosi yang bisa Anda lakukan? Semuanya bisa Anda simak di sini.
Cara Promosi Vendor Outing, Efektif Gaet Klien
Agar Anda tak perlu bingung mengenai strategi promosinya, berikut ini cara yang bisa dicoba:
1. Pahami Segmen Klien secara Detail
Promosi vendor outing tidak akan efektif jika tidak dimulai dari pemahaman yang tajam terhadap siapa target klien Anda.
Apakah Anda menyasar perusahaan korporat, startup kreatif, sekolah internasional, komunitas sosial, atau organisasi pemerintahan? Setiap segmen punya karakteristik, gaya komunikasi, dan ekspektasi yang berbeda.
Vendor yang ingin menyasar klien korporat, misalnya, perlu menampilkan kesan profesional, dengan rekam jejak yang terdokumentasi rapi, serta kemampuan merancang acara skala besar yang aman dan tepat waktu.
Sementara jika menyasar startup atau komunitas, pendekatannya bisa lebih kasual dan fleksibel, menonjolkan sisi kreatif, estetik, dan kekinian.
Dengan mengenali segmen secara spesifik, Anda bisa merancang materi promosi yang lebih relevan, baik dari sisi visual, narasi, maupun pilihan channel distribusinya.
2. Bangun Portofolio yang Kredibel
Kepercayaan pada vendor outbound atau outing tidak datang dari brosur cetak maupun jargon kreatif.
Namun, dari apa yang telah pernah tim Anda kerjakan. Maka dari itu, penting untuk vendor menampilkan portofolio informatif untuk kesan kredibel.
Dalam membuat portofolio pun Anda tidak bisa sembarangan. Portofolio yang Anda buat harus menjadi cerita bagaimana Anda membantu banyak tim mencapai tujuan outing mereka.
Maka dari itu, susun dokumentasi berdasarkan insight dan tidak hanya urutan acara saja.
Contohnya, bagaimana Anda dan tim mengelola peserta 200 orang dalam waktu yang sebentar? Apa feedback dari peserta dan PIC HR saat Anda meng-handle acara mereka?
Selain menampilkan portofolio di website, cara promosi vendor outing yang bisa Anda lakukan juga bisa dalam bentuk carousel di sosial media atau testimoni yang dikemas dengan menarik.
3. Optimasi SEO Lokal dan Niche Keyword

Banyak vendor outing kantor yang belum memanfaatkan kekuatan mesin pencari secara maksimal.
Padahal, banyak keputusan outing berawal dari pencarian Google dengan kata kunci sederhana, yakni “vendor outing Jakarta”, “paket gathering karyawan Bogor”, atau “EO company trip murah”.
Maka dari itu, cara promosi vendor outing yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah mengoptimasi website untuk SEO lokal.
Pastikan lokasi layanan Anda tertulis dengan jelas, membuat landing page terpisah untuk setiap kota, dan juga detail layanan.
Saran terbaiknya, jangan fokus ke keyword informatif yang tampak generik seperti “outbound seru” atau “event organizer terbaik”. Ini hanya akan menjadi keyword yang sia-sia.
Cobalah menargetkan keyword dengan pertanyaan spesifik seperti “berapa biaya outing 1 hari 1 malam”, “contoh rundown acara gathering”, dan sejenisnya.
4. Manfaatkan LinkedIn sebagai Kanal B2B
Instagram mungkin efektif untuk memperlihatkan keseruan acara, tapi LinkedIn adalah medan yang lebih serius untuk menjaring klien dari kalangan profesional.
Banyak vendor belum menyentuh platform ini, padahal keputusan outing seringkali melibatkan HR, GA, atau bahkan direktur. Menariknya, mereka semua ada di LinkedIn.
Anda pun bisa mencoba mempromosikan vendor gathering atau outing di LinkedIn. Caranya pun mudah, tinggal buat halaman perusahaan profesional, lengkap dengan deskripsi jasa, hingga portofolio ringkas.
Lakukan juga posting rutin seperti insight saat outing, tren dari employee engagement, hingga case study dari acara sebelumnya.
Hal penting lainnya yang juga jadi cara promosi vendor outing adalah bangun jaringan personal.
Mintalah tim Anda aktif berjejaring dan memberikan komentar di postingan HR atau perusahaan target. Di platform ini, trust bisa terbangun dengan relasi.
5. Bangun Partnership dengan Hotel dan Destinasi Wisata
Vendor outing itu menjadi bagian ekosistem pariwisata event. Jadi, membangun hubungan dengan hotel, tempat wisata, penyedia transportasi, hingga fasilitator outbound di berbagai kota sangatlah penting.
Mengapa? Kerja sama ini bisa memperluas daya jangkau dan menguatkan paket yang Anda tawarkan.
Sebagai contoh, kalau Anda memiliki hubungan baik dengan resort di suatu daerah, misalnya, Anda bisa menawarkan harga yang lebih kompetitif dan fleksibel.
Jika Anda bermitra dengan penyedia transportasi bus, maka Anda bisa menjamin keamanan dari klien sejak dalam perjalanan.
Menariknya, klien juga akan lebih memilih vendor yang punya integrasi layanan daripada harus mengurus masing-masing elemen sendiri.
Partnership ini pun bisa menghasilkan rujukan dua arah. Maksudnya, pihak hotel bisa merekomendasikan Anda sebagai vendor acara, dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, cara promosi vendor outing ini layak Anda coba.
6. Ikut Serta dalam Pameran atau Event HR
Pameran atau expo yang berhubungan dengan HR, employee engagement, atau industri pariwisata adalah ladang emas bagi vendor outing.
Di sana, Anda bisa bertemu dengan calon klien potensial dan juga vendor lain yang bisa diajak kolaborasi.
Dalam mengikutinya, siapkan booth yang estetik dan interaktif. Anda pun bisa membawa contoh games ringan agar banyak calon klien yang bisa mencobanya secara langsung.
Lengkapi pula video highlight outing klien sebelumnya dan siapkanlah proposal yang bisa Anda kirim cepat lewat email.
Jangan lupa juga data capture, karena setiap orang yang mampir ke booth harus Anda “bawa pulang” datanya untuk follow-up.
Lebih jauh, Anda juga bisa mengajukan diri sebagai pembicara atau panelis dalam sesi seminar.
Saat Anda berbicara soal tren outing dan employee wellbeing dari sudut pandang vendor berpengalaman, Anda bisa memposisikan diri sebagai mitra strategis.
Ingin Vendor Outing Anda Dilirik Perusahaan Besar? Promosikan di Indonesia Outing Expo 2025!
Sebagus apa pun layanan yang Anda miliki, kalau tidak terlihat oleh pengambil keputusan, peluang itu bisa lewat begitu saja.
Di sinilah pentingnya berada di tempat yang tepat, di waktu yang tepat, dan Indonesia Outing Expo 2025 adalah momentum itu.
Acara ini mempertemukan Anda dengan para vendor outing, event organizer, hingga penyedia aktivitas team building dengan ratusan perusahaan yang sedang mencari partner terpercaya untuk agenda outing mereka.
Di sini, Anda pun bisa berinteraksi langsung dengan HR, procurement, hingga decision maker dari berbagai industri.
Melalui pameran ini juga, Anda bisa membangun koneksi bahkan bisa membuka peluang kerja sama secara langsung di tempat.
Jika selama ini Anda hanya mengandalkan cara promosi vendor outing konvensional, cobalah jadi exhibitor di Indonesia Outing Expo 2025 dan tampilkan layanan terbaik Anda di pasar yang relevan!